27 May 2010

Ada Group Facebook Yang Melombakan Karikatur Nabi Muhammad SAW

,
Facebook kini dilanda masalah lagi. Kali ini masalahnya dapat dibilang berdampak sangat besar dan sensitif bagi umat muslim di dunia. Hal ini disebabkan oleh adanya group yang bernama “Everybody Draw Mohammed Day”
Group ini dengan terang-terangan mengajak bahkan melombakan para pengguna facebook untuk membuat karikatur Nabi Muhammad SAW. Dalam pesannya tertulis bahwa pada tanggal 20 Mei 2010 bakal diadakan “Kompetisi Internasional Menggambar Sketsa Nabi MUHAMMAD (Sallallohu Alaihi Wassalam)”. Bahkan sudah sekitar 13.354 akun facebook yang sudah berpartisipasi.
Menggambar karikatur Nabi Muhammad SAW merupakan hal yang sangat sensitif bagi umat muslim. Dalam kasus sebelumnya di negara Swedia, ada kasus dimana dalam suatu surat kabar terdapat gambar karikatur yang menggambarkan Nabi Muhammad SAW. Dan akibatnya umat muslim di seluruh dunia marah dan mengutuk keras kejadian tersebut, bahkan sempat rumah dari pembuat karikatur tersebut diserang.
Sangat disayangkan dan sangat perlu dikutuk, karena terdapat unsur kesengajaan dan kesadaran bahwa group ini ingin memprovokasi umat muslim dengan tindakan yang tidak bertanggungjawab.
Lalu, selanjutnya apa langkah kongkret untuk menangani kasus ini ? Apakah dengan memblokir situs facebook sepenuhnya dan menuntut pihak facebook atas keberadaan group jahanam dan tak bertanggungjawab ini ? Sangat disayangkan kebebasan berekspresi dan berpendapat di dunia maya khususnya facebook begitu tidak terbatas. Apapun bisa diungkapkan di sini.
Memang semuanya kembali ke penggunanya masing-masing. Jika mempunyai akhlak buruk dalam penggunaannya tentunya facebook menjadi media yang berbahaya. Bagaikan pisau yang berguna untuk memasak namun begitu berbahaya jika di tangan pejahat. Dengan demikian mungkin alangkah baiknya facebook segera menon-aktifkan group ini dan facebook dilengkapi fasilitas pembatas, penyensor, atau pemblokir hal apapun yang bersifat negatif apalagi yang menyinggung SARA sehingga hal-hal seperti ini tidak terulang lagi.

0 comments to “Ada Group Facebook Yang Melombakan Karikatur Nabi Muhammad SAW”

Post a Comment

 

Magazones Blog Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger Templates