22 October 2011

Mobil Perlunya Service Berkala Agar Awet

,
Service mesin setiap 20.000 km lazim dilakukan untuk perawatan agar kondisi mobil tetap prima.
Service mesin setiap 20.000 km lazim dilakukan untuk perawatan agar kondisi mobil tetap prima. Jika mesin mobil lama tidak diservice, saat dikendarai mesin terasa kurang enak, tidak bertenaga saat mendahului kendaraan lain. Biasanya service berkala sering disebut sebagai engine adjusment meliputi pekerjaan membersihkan, menyetel ulang bagian-bagian tertentu seperti :
  1. Saringan bensin.
    Komponen ini perlu dibersihkan dari kotoran agar mesin tidak tersendat-sendat. Lepaskan saringan bensin lalu tiup dan ketukkan berulang kali sampai bersih.Gunakan kompresor dan arah tiupan kebalikan dari arah aliran bensin.
  2. Saringan udara.
    Saringan udara yang kotor akan mempengaruhi besarnya udara yang diperlukan untuk pembakaran bensin. Bersihkan saringan udara dari debu dengan udara bertekanan. arahkan udara berlawanan dengan arah udara masuk, dan lakukan penyetelan ulang sekrup pengatur campuran udara yang terletak di karburator.
  3. Tutup distributor
    Bersihkan bagian tutup distributor pada titik pembagi ke busi-busi yang mengalami pengapuran. Jika retak gantilah tutup distributor dengan yang baru.
  4. Busi
    Periksa kondisi busi apakah masih baik atau sudah rusak. Setel juga celah busi (jika masih bagus kondisi fisisk) menggunakan Feeler gauge atau tools khusus penyetel celah busi. Celah standar anatara 0,8 - 1,00 mm. Busi yang rusak akan membuat mesin tidak bekerja tidak normal dan pincang.
  5. Platina (kontak pemutus arus).
    Merupakan bagian yang sangat penting pada rangkaian sistem pengapian. Platina yang berubah jarak celahnya menjadi lebih kecil akibat pengapuran akan membuat pengapian menjadi lebih dini demikian sebaliknya jika terlalu besar akan terlalu cepat. Celah platina yang benar adalah 0.45 mm.
  6. Penyetelan oktan selektor yang salah.
    Hal itu akan membuat saat pengapian tidak tepat. Untuk membuat tepat pengapian, perhatikan pada pemilih oktana ada 3 garis. Putarlah sampai garis tengah, baut pengancing distributor dikendorkan, mesin dihidupkan. Sambil memutar distributor, perhatikan timming flight yang menunjukkan derajat pengapian sesuai dengan pully crank shaft. (lihat spesifikasi pada Manual Book)
SUMBER TLISAN: http://www.oto.co.id/infootomotif/Tips_detail.asp?ContentID=OTO23070520011016-223600

0 comments to “Mobil Perlunya Service Berkala Agar Awet”

Post a Comment

 

Magazones Blog Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger Templates